0812-1517-0500 vyntech@yahoo.com

Deskripsi

Peraturan perundangan mengatur bahwa CSR dan Community Development merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan perusahaan sebagaimana amanat UU No. 40 tahun 2007 bab V pasal 74, maka “expenses” harus dikelola manajemen, sehingga memberikan dampak positif bagi sustainability perusahaan dimasa mendatang. Pola pikir inilah yang membuat CSR dan Community Development menjadi tidak sekedar Charity Program, tetapi harus menjadi “alat” marketing yang powerfull.

Sebagai bagian dari kehidupan sosial, suatu perusahaan juga harus mampu melakukan aktivitas sosial agar bisa terus menjaga citra baik di mata masyarakat. Salah satu media yang digunakan adalah dengan melakukan kegiatan untuk pengembangan masyarakat (community development). Agar kegiatan tersebut berhasil maka dibutuhkan kemampuan dalam hal pendesainan, pemonitoran dan pengevaluasian partisipasi pada kegiatan untuk pengembangan masyarakat (community development) dengan menggunakan persoalan–persoalan yang ada di masyarakat sekitar.

Apabila program community development dapat berjalan dengan baik, maka dengan sendirinya citra perusahaan akan semakin baik dimata masyarakat. Secara umum pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk menjadikan masyarakat mandiri, yaitu memiliki kemampuan untuk memilih, mempersiapkan, memutuskan dan melaksanakan sesuatu yang dianggapnya diperlukan dalam kehidupan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penting bagi perusahaan agar mengelola community development dengan baik.

 

Tujuan

  1. Memberikan pemahaman tentang konsep dan prinsip pengembangan komunitas.
  2. Mengembangkan keterampilan untuk melakukan penelitian kebutuhan masyarakat.
  3. Mampu merancang dan melakukan program pengembangan yang berkelanjutan.

 

Materi

    1. Pengenalan Konsep Pengembangan Masyarakat (Community Development)
    2. Karakteristik dan Prinsip Pendampingan
    3. Teknik Perancangan Kegiatan yang Tepat Sasaran
    4. Analisis Kebutuhan Pengembangan yang Relevan di Masyarakat
    5. Analisis Budaya Lokal dan Struktur Sosial Masyarakat
    6. Mengorganisir Masyarakat untuk Pemberdayaan
    7. Mendesain Program Pengembangan Masyarakat
    8. Merancang, Menerapkan dan Mengevaluasi Model Program Pengembangan Masyarakat
    9. Implementasi Program Pengembangan Masyarakat
    10. Teknik Monitoring & Evaluasi Program Pengembangan Masyarakat
    11. Konsep Dasar Manajemen Konflik
    12. Strategi Mengelola Konflik dengan Pihak Internal Perusahaan (Pimpinan, Rekan dan Bawahan)
    13. Strategi Mengelola Konflik dengan Pihak Eksternal Perusahaan
    14. Teknik Komunikasi dalam Pengelolaan Konflik
    15. Hambatan dan Solusi yang Sering Terjadi dalam Implementasi

 

Manfaat

    1. Dapat meningkatkan pemahaman tentang konsep community development
    2. Dapat memahami perbedaan CSR & Comdev
    3. Dapat membuat analisis kebutuhan pengembangan yang relevan di masyarakat yang sesuai dengan visi misi perusahaan
    4. Dapat membuat laporan Program community development
    5. Mampu mengelola konflik dengan pihak eksternal perusahaan

 

Metode

    1. Presentasi
    2. Diskusi Konsultatif
    3. Sharing Pengalaman
    4. Studi Kasus
    5. Praktek Penyusunan Program Comdev

 

Peserta

    1. Mahasiswa tingkat akhir yang ingin berkarir sebagai CSR atau Comdev
    2. CSR Staff, CSR Supervisor, Comdev Staff, Comdev Supervisor, CSR Superintendent, Chief Security, dan CSR Manager
    3. Personel CSR Departemen
    4. Public Relation, Humas, General Affair, HRGA Superintendent, HRPGA Section Head, HRGA Dept. Head, HRGA Manager
    5. Manager Non CSR yang berminat mempelajari Community Development
    6. Executive atau Praktisi Bisnis yang ingin tahu mengenai Community Development
    7. Professional atau Individu yang berkaitan dengan pengelolaan Community Development

Waktu

Tempat

    • Ibis Style Hotel Yogyakarta
    • Gino Feruci Hotel Bandung
    • Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta
    • Harris Seminyak Hotel Bali
    • In House Training*
    • e-Learning*


Fasilitas
Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Souvenir

Investasi
Rp. 6.000.000,-/ peserta
Untuk mendapatkan penawaran spesial dapat hubungi Customer Service
klik untuk chat dengan Whatsapp
atau silahkan isi form di bawah ini

    Jika memerlukan isi konten, silahkan menghubungi Customer Service