0812-1517-0500 vyntech@yahoo.com

Deskripsi

Pengelolaan kantor yang baik dan modern (sesuai tuntutan zaman) akan berdampak pada efisiensi dan efektivitas Instansi Pemerintah maupun  perusahaan secara keseluruhan, karena kantor merupakan pusat sistem administrasi. Maka dari itu, personil yang terlibat dalam kegiatan kantor harus memiliki pengetahuan yang memadai dan terbaru mengenai administrasi perkantoran. Pengetahuan tersebut diantaranya adalah tentang pengelolaan informasi (pengumpulan, pencatatan, penggandaan, pendistribusian, serta penyimpan data dan informasi) dan pelayanan tata usaha. Pelatihan ini dirancang agar personil yang berhubungan dengan pekerjaan di atas mampu meningkatkan profesionalitas kerja guna mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan globalisasi yang penuh dengan tuntutan.

 

Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu :

  1. Memahami paradigma baru dalam manajemen perkantoran, prinsip-prinsip dan cara-cara mengelola aktivitas administrasi perkantoran yang baik dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  2. Memahami cara-cara mengelola waktu yang efektif dalam melakukan aktivitas administrasi perkantoran.

 

Materi

1. Konsep Dasar Manajemen Administrasi Perkantoran Modern dan Perkembangannya

2. Paradigma dan Filosofi Administrasi Perkantoran Modern

    • Pengertian, ruang lingkup, tujuan, dan karakteristik administrasi perkantoran modern
    • Azas-azas dan struktur manajemen perkantoran

3. Tata Ruang Kantor

    • Pengertian, tujuan, azas dan jenis tata ruang kantor
    • Penyusunan tata letak fasilitas kantor
    • Tata lingkungan kantor
    • Prinsip 5R dalam tata ruang kantor

4. Korespondensi

    • Pengertian, ciri, fungsi, dan jenis surat
    • Langkah-langkah penyusunan surat (format, bahasa, dll)
    • Mengendalikan surat masuk dan surat keluar

5. Dokumentasi dan Pengarsipan
6. Penyusunan Standar Operating Procedure (SOP)

    • Pengertian dan pentingnya SOP
    • Prinsip-prinsip dan teknik penyusunan SOP

7. Pengelolaan Inventarisasi

    • Pengertian inventarisasi
    • Pelaksanaan inventarisasi
    • Mutasi barang
    • Pemberian label dan kode barang
    • Penghapusan barang

8. Pengelolaan Waktu yang Efektif dalam Menangani Pekerjaan Kantor

    • Nilai waktu dan pentingnya pengelolaan waktu yang efektif
    • Teknik manajemen waktu : skala prioritas, delegasi, dan asertif
    • Identifikasi penyebab waktu terbuang percuma dan antisipasinya
    • Mengelola rapat secara efektif dan membuat notulen yang baik

9. Otomatisasi Kegiatan Administrasi Perkantoran

    • Makna dan dampak otomatisasi dalam administrasi perkantoran
    • Aplikasi otomatisasi dalam administrasi perkantoran
    • Teknologi Informasi dalam Administrasi Perkantoran
    • Sistem Arsip Elektronik
    • Manajemen basis data
    • LAN, intranet, dan internet

10. Hambatan dan Solusi yang Sering Terjadi dalam Implementasi

 

Peserta

Personil yang dapat mengikuti pelatihan yaitu: Pimpinan (manajer/ supervisor/ head section) atau support personnel (staf Administrasi/ Sekretaris) yang terlibat dalam kegiatan administrasi kantor atau pengarsipan dokumen perusahaan.

 

Metode

Presentasi, Diskusi, Brain Storming & Case Study

Waktu

Tempat

    • Ibis Style Hotel Yogyakarta
    • Gino Feruci Hotel Bandung
    • Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta
    • Harris Seminyak Hotel Bali
    • In House Training*
    • e-Learning*

 

Fasilitas dan Investasi

    • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Souvenir
    • Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta

 

E-Learning

    • Menggunakan Aplikasi Zoom
    • Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Sertifikat, Souvenir
    • Investasi sebesar Rp. 4.000.000 (Empat Juta Rupiah) per peserta

 

Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service

klik untuk chat dengan Whatsapp

atau silahkan isi form di bawah ini

    Jika memerlukan isi konten, silahkan menghubungi Customer Service

    Silahkan WA kami..
    Customer Service
    Selamat pagi..
    Perkenalkan saya sari, silahkan, dengan senang hati kami akan membantu Bapak/Ibu :)