Deskripsi
Manajemen pengadaan merupakan masalah yang sangat penting bagi kehidupan sebuah perusahaan/ Instansi. Industri manufaktur rata-rata menghabiskan lebih dari 65% harga pokok produksinya untuk biaya material sedangkan industri jasa menghabiskan dana yang sangat besar untuk material proyek dan suku cadang. Di sektor pengadaan jasa, perusahaan juga menghabiskan dana yang cukup besar. Peningkatan efisiensi dan efektivitas di sektor pengadaan akan sangat mempengaruhi biaya produksi perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di era globalisasi. Di era globalisasi ini masalah Quality, Cost dan Delivery dari material yang digunakan akan terasa semakin penting.
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, maka diharapkan para peserta mampu:
- Menambah pengetahuan tentang peran purchasing management dalam kehidupan perusahaan
- Mengetahui Cara perumusan purchasing strategy
- Memahami Teknik pemilihan supplier
- Memahami Teknik negosiasi dan price-cost analysis
- Memahami Konsep manajemen material
- Memahami Guideline untuk terciptanya supplier partnership
- Mengaplikasikan Cara pemecahan kasus purchasing di perusahaan
- Studi Kasus dan Diskusi
Materi
1. Peran Pengadaan dalam Kehidupan Perusahaan.
-
- Pentingnya pengadaan dalam kehidupan perusahaan di era globalisasi.
- Objektif kegiatan pengadaan.
- Pentingnya aspek kualitas dalam kegiatan pengadaan.
- Aspek hukum pengadaan.
- Diskusi tentang persoalan purchasing management di beberapa perusahaan dan BUMN.
2. Aturan Pemerintah tentang Pengadaan Barang dan Jasa.
3. Perencanaan Pengadaan Barang Proyek.
-
- Jadwal Proyek berdasarkan network planning.
- Bill of Quantity (BQ).
- Aplikasi Konsep MRP (Material Requirement Planning) untuk perencanaan pengadaan barang proyek.
4. Perencanaan Pengadaan Barang Operasional dan Suku Cadang.
-
- Statistik Pemakaian Barang.
- Optimasi Persediaan.
5. Paradigma Baru Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa
-
- Dinamika dan harapan stakeholder.
- Paradigma lama pengadaan barang dan jasa.
- Kontribusi profesional manajemen pengadaan.
- Paradigma baru yang diinginkan.
6. Teknik Pemilihan Peralatan dengan Konsep Total Cost of Ownership (TCO)
-
- Pre Transaction Cost.
- Transaction Cost.
- Post Transaction Cost.
- Net Present Value TCO.
7. Teknik Pemilihan Supplier dan Pengukuran Performansi Supplier.
-
- Source-selection Model.
- Teknik pemilihan subkontraktor.
- Make-or-buy Decision.
- Teknik evaluasi supplier.
- Teknik Pembinaan supplier.
8. Teknik Perhitungan Owners Estimate (OE).
-
- Definisi dan arti OE.
- Kontrak Masa Lalu.
- Harga Pasar.
- Harga Proposal.
- Konsep Target Price.
- Perhitungan Owners Estimate (OE).
9. Optimasi Persediaan Suku Cadang dengan Menggunakan Konsep Inventory Control dan Just in Time (JIT)
10. Seni dan Teknik Negosiasi.
-
- Apa manfaat negosiasi.
- Teknik perencanaan dan persiapan negosiasi.
- Karakteristik negosiator yang baik.
11. Hambatan dan Solusi yang Sering Terjadi dalam Implementasi
Peserta
Logistics/ supply chain Manager, Purchasing manager, Warehousing manager, Distribution Manager, Logistics Planner, Production manager, Production Planner, Marketing Manager dan semua posisi yang erat kaitannya dengan manajemen pengadaan barang dan jasa
Metode
Presentasi, diskusi, dan studi kasus
Tempat
-
- Ibis Style Hotel Yogyakarta
- Gino Feruci Hotel Bandung
- Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta
- Harris Seminyak Hotel Bali
- In House Training*
- e-Learning*
Fasilitas dan Investasi
-
- Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Souvenir
- Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta
E-Learning
-
- Menggunakan Aplikasi Zoom
- Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Sertifikat, Souvenir
- Investasi sebesar Rp. 4.000.000 (Empat Juta Rupiah) per peserta
*Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service
klik untuk chat dengan Whatsapp
atau silahkan isi form di bawah ini