0812-1517-0500 vyntech@yahoo.com

Deskripsi

Pelatihan “Strategi Sukses Pemilihan Vendor dan Manajemen Pembelian” dirancang untuk memberikan pengetahuan mendalam kepada peserta mengenai proses pemilihan vendor yang tepat dan manajemen pembelian yang efisien. Dalam dunia yang semakin kompetitif, penting bagi organisasi untuk tidak hanya memilih vendor berdasarkan harga, tetapi juga kualitas dan keandalan. Pelatihan ini membekali peserta dengan teknik dan alat yang diperlukan untuk merumuskan kriteria seleksi yang tepat, serta membangun hubungan yang bermanfaat dengan vendor.

Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari bagaimana mengevaluasi dan menganalisis penawaran dari berbagai vendor serta mengelola proses pembelian dalam organisasi. Metode praktis diintegrasikan dengan teori untuk memastikan bahwa peserta mampu menerapkan pengetahuan yang diperoleh dengan cara yang langsung relevan untuk pekerjaan. Melalui studi kasus dan simulasi, peserta akan mengalami tantangan nyata dalam pemilihan vendor dan manajemen pembelian.

 

Tujuan Pelatihan

  • Mengembangkan kemampuan dalam merumuskan kriteria pemilihan vendor yang efektif.
  • Meningkatkan keterampilan dalam negosiasi dan pengambilan keputusan pembelian.
  • Mampu menganalisis dan mengevaluasi kinerja vendor secara komprehensif.

 

Materi Pelatihan

  1. Pengenalan Pengadaan Barang dan Jasa
    • Konsep dasar pengadaan dan peran vendor.
    • Implikasi strategis dari pemilihan vendor.
  1. Konsep Vendor Selection & Purchasing Management
  2. Fungsi Manajemen Pembelian dalam Perusahaan
  3. Supply Positioning Model for an Effective Purchasing Management
  4. Kriteria Pemilihan Vendor
    • Menentukan kriteria pemilihan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
    • Analisis SWOT dalam pemilihan vendor.
  1. Proses Evaluasi dan Seleksi Vendor
    • Langkah-langkah untuk melakukan evaluasi vendor.
    • Teknik dan alat untuk analisis penawaran.
  1. Menyusun Rencana Pembelian
  2. Negosiasi dengan Vendor
    • Strategi negosiasi untuk mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan.
    • Keterampilan komunikasi untuk berinteraksi dengan vendor.
  1. Manajemen Pembelian
    • Prinsip manajemen pembelian yang efisien.
    • Pengendalian dan pemantauan kinerja vendor.
  1. Vendor Analysis
  2. Supply Chain Management
  3. Evaluasi & Audit Program
  4. Hambatan dan solusi yang sering terjadi dalam implementasi
  5. Studi Kasus dan Best Practices
    • Analisis kasus nyata dalam pemilihan vendor.
    • Praktik terbaik dari berbagai sektor industri.

 

Manfaat Pelatihan

  • Memperoleh pengetahuan mendalam tentang pemilihan dan manajemen vendor.
  • Meningkatkan efektivitas proses pembelian dalam organisasi.
  • Menanamkan kemampuan untuk membuat keputusan berbasis data yang lebih baik.

 

Peserta

  • Pegawai pemerintah yang terlibat dalam pengadaan barang/jasa.
  • Manajer dan staf yang bertanggung jawab atas pembelian di perusahaan.
  • Profesional yang ingin meningkatkan keterampilan manajemen pembelian dan vendor.

Waktu

Tempat

  • Ibis Style Hotel Yogyakarta
  • Gino Feruci Hotel Bandung
  • Sofyan Betawi Menteng Hotel Jakarta
  • Harris Seminyak Hotel Bali
  • In House Training*
  • e-Learning*

 

Fasilitas
Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Souvenir

 

Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service

klik untuk chat dengan Whatsapp

atau silahkan isi form di bawah ini

    Jika memerlukan isi konten, silahkan menghubungi Customer Service